SIT Nurul Fajri sebagai Sekolah Menuju Keseimbangan dan Keharmonisan Kehidupan (the School of Life)

SIT Nurul Fajri sebagai Sekolah Menuju Keseimbangan dan Keharmonisan Kehidupan (the School of Life)

 

Sekolah kehidupan dalam konteks yang nyata bersifat multidimensional dan kompleks, berasal dari interaksi-sosial (irisan) antara kepribadian (individu) dan beragam komunitas (jamak) di alam semesta dari skala mikro sampai dengan makro.

Sekolah kehidupan adalah sekolah untuk mengimplementasikan semua nilai-nilai kehidupan di alam semesta, dengan siapa saja (manusia, hewan, tumbuhan, dan alam), dimana saja (di alam semesta: darat, laut, dan udara) dan kapan saja (setiap saat). Tujuannya adalah agar terjadi keharmonisan / keseimbangan dalam menjalani kehidupan di alam semesta sesuai dengan ketentuan / ketetapan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala melalui firman-firmanNYA dalam beberapa ayat Al Quran.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

(QS. Ar-Rum 30: Ayat 41)

ظَهَرَ الْفَسَا دُ فِى الْبَرِّ وَا لْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّا سِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 7)

وَا لسَّمَآءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ الْمِيْزَا نَ

“Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan,”

(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 8)

اَ لَّا تَطْغَوْا فِى الْمِيْزَا نِ

“agar kamu jangan merusak keseimbangan itu.”

(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 9)

وَاَ قِيْمُوا الْوَزْنَ بِا لْقِسْطِ وَلَا تُخْسِرُوا الْمِيْزَا نَ

“Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu.”

(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 13)

فَبِاَ يِّ اٰلَآ ءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Sekolah kehidupan mempunyai tujuan akhir agar setiap aktivitas / interaksi-sosial yang dilakukan oleh masing-masing individu dengan berbagai komunitasnya di alam semesta dapat menjaga kesimbangan / keharmonisan yang sudah ditetapkanNYA dengan harapan agar kita mendapatkan ridho dariNYA.

Sebagai sekolah kehidupan, SIT Nurul Fajri dalam mengimplementasikan semua aktivitas pendidikannya berpedoman pada nilai-nilai kehidupan Islami sebagai berikut:

  1. Cara kita berniat dan berdoa sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas disemua aspek kehidupan,
  2. Cara kita berpikir ketika melihat sesuatu (sudut pandang, pola pikir, perspektif,paradigma, ontologi),
  3. Cara kita mendengar sesuatu (menerima informasi yang obyektif, valid dan reliabel),
  4. Cara kita menafsirkan dan memutuskan sesuatu (epistemologi),
  5. Cara kita menggunakan qolbu (hati),
  6. Cara kita berbicara mengenai sesuatu (metodologi – kualitas komunikasi yang santun dan etis),
  7. Cara kita berperilaku (metodologi – adab dan akhlak) kepada semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa ta’ala  serta lingkungan alamnya,
  8. Cara kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala terhadap semua nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada makhluk ciptaanNYA.

Sebagai makhluk ciptaanNYA, semua personel SIT Nurul Fajri, muslim /muslimah, harus merujuk dan berpegang teguh pada Al Quran dan As-Sunnah/Al-Hadits serta meyakini sepenuhnya semua ketentuan dari Allah Subhanahu Wa ta’ala dalam mengimplementasikan ayat-ayat Al Quran dan Al-Hadits yang dijabarkan melalui masing-masing komponen sekolah menuju keseimbangan dan keharmonisan kehidupan.

                                                                                               

(R. Witjaksono, 2023)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top